justfindit

Monday, August 11, 2008

TIPS -pmd- ” Apa & Bagaimana Setelah UN

Every student should get either success or fail facing the examination.
And the important things are what and how to deal with success of examination.
Herewith advice from Mr. pmd:
  • If You got success, do celebrate it nicely; say thanks to your teacher, colleagues, and last but not least your parents. They had supported You to got success. Andthen, choose theright school or collegue. Find fit with your pocket and your goal. Don't make decision with blamely about what kind of future You will be.
  • If You got fail, don't hopeless; You just don't get lucky presently, and next will be. You are not the stupid one, and your future not losess. You still have the bright future, indeed. Just do study hard and do pray deeply.


Sebentar lagi (bulan Juni) akan dilaksanakan pengumuman Hasil Ujian Nasional tahun pelajaran 2007/2008. Ada dua hal yang akan terjadi, yakni LULUS dan TIDAK LULUS. Yang dapat Anda lakukan sekarang adalah BERDO’A semoga harapan Anda LULUS akan terbukti.

Selanjutnya siapkan mental Anda untuk menghadapi langkah selanjutnya setelah pengumuman UN. Pertanyaannya adalah:

  1. Apa dan Bagaimana setelah Anda Lulus?
  2. Apa dan Bagaimana setelah Anda Tidak Lulus?

TIPS dari Mr. PMD

  1. Jika LULUS

1). Anda layak untuk merayakannya.

2). Anda harus bersyukur kepada Allah SWT, lakukan syujud syukur (beralaskan Koran atau buku ga apa-apa).

3). Anda harus mengUCAPkan terima kasih kepada Kepsek, guru-guru, dan orang tua.

4). Rayakan acara perpisahan dengan keluarga besar di sekolah sesederhana mungkin. Jangan berlebihan. Jangan boros, Anda memerlukan biaya yang besar untuk melanjutkan sekolah.

5). a. Pilih sekolah lanjutan (SMP atau TSANAWIYAH atau PESANTREN) yang baik dan sesuai. Kriterianya: Sekolah tersebut memiliki guru yang cukup dan dikenal baik oleh orang tua atau oleh lingkungannya, fasilitas: perpustakaan, laboratorium.

5). b. Pilih sekolah jenjang menengah (SMA, SMK, atau Aliyah dan PESANTREN) yang baik dan sesuai. Kriterianya: Sekolah tersebut memiliki guru yang memadai, fasilitas: perpustakaan, laboratorium, berprestasi pada bidang yang sesuai dengan minat atau Bakat Anda. KETAHUILAH Perbedaan karakteristik antara SMA, SMK, dan MA. Pilihan terhadap masing-masing lembaga tersebut, memiliki konsekwensi masa depan yang berbeda.

5).c. Pilih Lembaga Pendidikan (Universitas, Fakultas, dan Jurusan; Akademi, Diploma,Kursus, magang) yang baik dan sesuai.

6). Jangan memilih sekolah yang selalu ada kasus tawuran atau kasus narkoba

7). Kalau ada yang murah, kenapa pilih yang mahal.

8). Kalau ada yang GRATISAN, CEK dulu benar apa ga. CEK pula Guru-gurunya, perpustakaannya, dan ruang belajarnya serta Surat Izin Dari Dinas Pendidikan setempat.

  1. Jika TIDAK LULUS

1). Jangan bersedih terlalu lama; JANGAN menyesali diri terlalu lama.

2). KETAHUILAH: tidak LULUS bukan berarti bodoh. ANDA hanya kurang beruntung.

3). Ketahuilah: MASA DEPAN Anda tetap CERAH.

4). Belajarlah lebih giat dan banyak berdoa.

No comments: