justfindit

Sunday, March 2, 2008

Petunjuk ... Buku

CARA MEMANFAATKAN BUKU
“Peta Masa Depanku”


Secara umum buku ini ditujukan kepada anak sekolah, remaja, mahasiswa, orang tua, guru, guru BP, dan Kepala sekolah.

Sasaran pertama: remaja, anak sekolah SMP,M.Ts, SMA, SMK, MA, MAK, dan Mahasiswa tingkat awal.

  1. Setelah membaca daftar isi, bacalah dengan seksama ‘Hakikat Peta Masa Depanku’ untuk mendapatkan wawasan dan apresiasi yang baik tentang masa depan dan apa kaitannya dengan Peta Masa Depanku.
  2. Kemudian, bacalah bagian dua yang terdiri atas 8 chapter tentang cara membuat Peta Masa Depanku. Bacalah terlebih dahulu halaman awal tiap tiap chapter, kemudian teliti peta konsepnya, kemudian berturut-turut buka dan baca tulisan yang ada dalam box.
  3. Isilah inventory yang ada di setiap akhir chapter. Jangat takut, dan jangan ragu. Siapkan Pensil untuk mengisinya. Apapun yang Anda tulis itu adalah benar.
  4. Setelah mengisi inventory dari chapter 1 sampai dengan 8, pindahkan kedalam lembar Peta Masa Depanku yang tersedia pada lampiran atau juga dalam buku diary Anda.
  5. Anda dapat meminta nasehat atau masukan dari orang tua, kakak, dan guru BP atau orang lain yang lebih dewasa dalam membuat keputusan tentang PMD.
  6. Keputusan tentang PMD Anda sepenuhnya berada di tangan Anda.
  7. Setelah selesai membuat PMD, Anda dapat membaca buku secara keseluruhan sesuai kebutuhan Anda.
  8. Membaca keseluruhan isi buku dapat menginjeksi ‘jiwa besar’ dan memberi wawasan tentang pengambilan keputusan mengantisipasi Masa Depan .

Sasaran kedua: mahasiswa, orang tua, guru, guru BP dan Kepala Sekolah sebagai pendamping anak /pelajar. Kelompok kedua berperan sebagai pendamping anak sekolah dan remaja dalam membuat Peta Masa Depanku.

  1. Bacalah isi buku dari awal hingga akhir, untuk memperoleh wawasan tentang pentingnya Peta Masa Depan bagi anak-anak kita, adik kita, dan siswa-siswi kita.
  2. Jadilah pendamping (katalist) dalam membuat Peta Masa Depanku untuk mereka.
  3. Bukan Anda yang mengambil keputusan tentang Peta Masa Depan mereka.
  4. Biarkan mereka yang mengambil keputusan.

No comments: