justfindit

Thursday, February 28, 2008

Peristiwa: pmd 1 day training di UIC

LAPORAN KEGIATAN PELATIHAN SEHARI PETA MASA DEPANKU
(PMD One Day Training on Ramadhan)

I. PENDAHULUAN
Laporan ini dibuat dalam rangka menyediakan dokumen pelatihan Peta Masa Depanku bagi para pihak atau Lembaga yang kansern dan peduli terhadap pembinaan pelajar khususnya dan generasi muda umumnya.
Melalui laporan ini, secara eksplisit akan disampaikan kondisi obyektif kegiatan yang telah dilakukan; apa masalah dan solusi yang dihadapi serta bagaimana langkah selanjutnya.
Hal ini penting, karena setiap kegiatan (terutama kegiata baru) masih menyimpan peluang untuk dikembangkan dan disempurnakan.

II. GAMBARAN UMUM REALISASI KEGIATAN

Tempat dan Waktu
Pelaksanaan kegiatan dilakukan di Aula Bahder Johan Kampus Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta. Pelatihan berlangsung sebanyak tiga angkatan @ satu hari, yakni:
· Angkatan I; tanggal 28 September 2006
· Angkatan II; tanggal 8 Oktober 2006
· Angkatan III; tanggal 15 Oktober 2006
· Pelatihan dimulai pukul 09.00 pagi hari hingga pukul 17.00 (7 jam efektif).

Peserta
Jumlah peserta pelatihan untuk tiga angkatan sebanyak 54 orang. Terdiri dari berbagai lembaga pendidikan SMA, SMK, MA. Nama peserta dan asal sekolah terlampir.

Narasumber dan Mentor
Narasumber utama pelatihan adalah Saudara Hayadin, penulis buku ‘Peta Masa Depanku’, dibantu beberapa kawan-kawan seperti: Drs. Jafar Anwar, MSi. Mentor yang terlibat sebanyak 4 orang yakni: Edi Suhadi, Samiun, Swadesiwati, dan Mahyuddin.

Materi
Materi yang diberikan kepada peserta bersumber dari buku ‘Peta Masa Depanku’ yang didukung dengan permainan (games), dan simulasi yang relevan mengenai pengambilan keputusan dan perencanan studi dan masa depan.

Respon Peserta
Peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap Pelatihan PMD. Sebagian peserta meminta agar pelatihan dilakukan pula pada hari selain Ramadhan. Ada pula yang meminta agar ada pelatihan di sekolah. Beberapa respon, kesan dan pesan peserta terlampir.

Evaluasi Pencapaian Indikator (Kinerja)
Jumlah peserta tidak mencapai target 1000 orang sebagaimana direncanakan dalam proposal. Meskipun demikian para peserta memiliki pemahaman dan keterampilan membuat ‘Peta Masa Depanku’. Hal tersebut diketahui melalui kuisioner yang diberikan kepada peserta setelah selesai pelatihan (post-test).


III. ANALISIS

A. Permasalahan & solusi
Selama penyelenggaraan pelatihan terdapat beberapa hal yang menarik untuk dianalisis:
1. Peserta yang direncanakan berasal dari pelajar SMP dan SMA sederajad memiliki kegiatan yang padat di bulan Ramadhan. Selain belajar di sekolah, mereka juga melaksanakan kegiatan ROHIS di sekolah atau mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Remaja Mesjid. Hal ini menjadi permasalahan bagi panitia dalam upaya merekrut peserta sebanyak-banyaknya. Selain itu kerjasama yang belum terbangun antara PMD dengan para Kepala Sekolah, juga dirasakan menjadi salah satu masalah. Ini dapat dipahami karena PMD sebagai gagasan dan sebagai paguyuban masih relative baru. Solusi untuk permasalahan ini adalah semaksimal mungkin memperkenalkan gagasan dan program kerja, terutama pelatihan PMD kepada seluruh Kepala sekolah SMP dan SMA sederajad.
2. Pelatih dan Mentor yang masih terbatas, baik dalam konteks jumlah maupun dalam konteks kualitasnya. Untuk menutupi hal ini akan dilakukan T.O.T untuk calon mentor.
3. Kinerja panitia belum terlalu maksimal dalam melayani peserta. Hal ini terkait dengan kesibukan pribadi panitia dan kondisi fisik di bulan puasa.
4. Fasilitas/sound system juga belummaksimal menghadirkan suasana yang syahdu dan nyaman serta menyenangkan. Solusi dari hal ini adalah membuat perencanaan yang matang dan personil panitia yang siap serta fasilitas yang memadai. Kesiapan fasilitas harus dites sehari sebelum kegiatan atau beberapa jam sebelum acara dimulai.


IV. PENUTUP
Demikian laporan ini disajikan untuk menjadi bahan evaluasi dan refleksi dalam rangka memperbaiki kualitas pelatihan dan penyempurnaan gagasan PMD.

No comments: